Cara membuat website dengan html

membuat website dengan html

Html atau hypertext markup language merupakan bahasa program yang ditulis untuk menampilkannya kedalam sebuah web. membuat website dengan html sebenarnya mudah, asalkan kita tahu dasar-dasar dari HTML dan cara penerapannya.
Jika ada yang bertanya mengapa kita tidak menggunakan saja metode WYSIWYG atau biasa disebut What You See Is What You Get, padahal katanya metode WYSIWYG sangat mudah digunakan, hanya dengan menggeser dan sedikit menulis, maka kita dapat dengan mudah mendapatkan sebuah halaman website berbasis HTML. Menggunakan WYSIWYG memang memberi banyak kemudahan, namun jika kamu ingin membuat sebuah halaman website html yang memiliki kode-kode html secara bersih tanpa ada embel-embel kode lain, maka sebaiknya hindari penggunaan metode WYSIWYG. Selain WYSIWYG menghasilkan kode-kode html yang penuh dengan kode html sampah, menggunakan metode WYSIWYG akan membuat anda menjadi malas dan tidak akan pernah mengerti bagaimana kode-kode html dapat menjadi sebuah halaman website.
Apa saja yang dibutuhkan untuk menulis kode-kode html hingga menjadi halaman website, kita hanya membutuhkan software editor seperti notepad text editor, notepad biasanya sudah terintegrasi dalam komputer kamu, namun jika kamu ingin lebih mudah sebaiknya gunakan notepad++ yang dapat kamu download secara gratis melalui link ini
Dalam artikel belajar bahasa html kali ini, subladu akan mengajak sobat mempelajari bersama cara-cara menerapkan kode-kode html hingga menjadi sebuah website.
Sebelum kita memulai membuat website dengan HTML, ada baiknya sobat membaca artikel subaldu beberapa waktu lalu tentang bahasa html
Yang sudah membaca bias melanjutkan belajar bersama membuat website dengan html.
Html terdiri dari kode-kode html atau tag-tag html beserta atribut html lainnya, berikut ini subladu paparkan apa saja tag html yang biasa di pakai ketika kita ingin membuat website dengan dasar html.


Baris paling atas dari setiap file HTML

Informasi umum dari sebuah halaman web
<br> Judul halaman. Terdapat pada head
Tag merupakan tag pembuka setiap halaman website html, tag ini mutlak digunakan dan akan ditutup pada akhis sebuah halaman dengan tag penutup “Ingat setiap kode atau tag html akan di awali dengan sintaks <> dan ditutup dengan </>
Tag tag ini merupakan tag yang menjelaskan informasi umum sebuah halaman web, seperti deskripsi singkat, kata kunci, atau link yang menghubungkan website pada file lainnya. Jika menurut kamu semua informasi umum telah di tuliskan dalam tag maka jangan lupa untuk menutupnya dengan tag. Apa kegunaan atribut deskripsi dan kata kunci pada tag head, dengan adanya atribut deskripsi dan kata kunci, maka halaman website kita akan dengan mudah di kunjungi oleh robot search engine dan mendaftarkan halaman website kita pada halaman pencarian sebuah search engine, misalnya google.com dan yahoo.com, tanpa adanya atribut ini maka robot akan kesulitan mengunjungi website kita yang berakibat website kita sangat sulit sekali terdaftar dalam halaman pencarian, tentunya sungguh sia-sia kita membuat website jika tidak ada pengunjung yang dapat menemukan website kita di halaman pencarian.
Tag Tag ini memberitahu judul dari halaman website, misalnya:<br> <title> ini adalah judul halaman website html
Nah tag-tag dasar html diatas adalah tag mutlak yang harus kamu tulis di paling atas sebuah halaman website html. Setelah itu baru kita mengenal tag , dimana tag body ini adalah tag yang menempatkan isi dari website kita seperti, artikel, gambar, ataupun video.Penggunaan Tag tidaklah sulit, kita hanya menuliskan kemudian kita tutup dengan tag penutup.
Berikut contoh sebuah halaman website html sederhana, kamu bisa mencontoh dan melihat hasilnya setelah selesai.





Membuat halaman website html
Halaman ini Berisi tentang artikel yang membahas bagaimana cara membuat website dengan html.


Setelah itu kamu bisa simpan contoh kode html kedalam komputer kamu dan diberi judul index.html
Contoh diatas tentu sangat sederhana sekali, namun untuk memulai belajar bagaimana cara membuat website, baik menggunakan bahasa html atau bahasa program lainnya seperti php ataupun asp, penting sekali memahami struktur utama sebuah website yang dicontohkan diatas.
Lain waktu subladu akan mengajak sobat belajar bersama membuat website html yang lebih aktratif dan dinamis menggunakan html dan css


 Tags : Cara membuat website dengan mudah , cara membuat website dengan notepad , cara membuat website sederhana
Sumber

No comments:

Post a Comment